Balpress Part 1

Posted by Just Abud Label:

Studium General Bertaraf Internasional

Kehadiran M. Valliammal Baskaran di ruang A 101 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada (UGM) menandakan studium general telah dimulai. Acara yang dihelat Rabu, 14 Maret 2010 itu mematok tema “Feature of South India Architecture and Its Impact on Java”. Lawatan profesor dari India itu merupakan salah satu realisasi program Amerika Serikat untuk meningkatkan kualitas pendidikan Asia. Acara ini mendapatkan dukungan dari Jurusan Sejarah UGM dan Institusi Sejarah Indonesia.

Dr. Sri Margana, Dosen Jurusan Sejarah UGM mengaku tema “Pengaruh arsitektur India Bagian Selatan pada Arsitektur Jawa” menarik untuk didiskusikan. “Kuliah ini akan memperluas pengetahuan peserta,” ujarnya. Melalui acara ini dapat diketahui bahwa candi di Jawa Tengah mempunyai kemiripan dengan candi yang ada di India Selatan. Hal ini tidak hanya berlaku pada bagian strukturnya saja, tetapi juga ukiran di dinding candinya dan kenampakan yang ada. Penamaannya pun terdapat kemiripan, misalnya mandapa dalam bahasa India mempunyai kesamaan arti dengan pandapa dalam bahasa Jawa.

Meskipun keseluruhan materi disampaikan dalam bahasa Inggris, peserta tak mengalami hambatan. “Pengucapannya jelas, berbeda dengan pengucapan orang barat,” ujar Sri Widyaningsih, salah satu peserta dari luar UGM. Hal yang sama juga dirasakan oleh Teddy Harmawan, mahasiswa Jurusan Sejarah 2009. “Bahasa Inggrisnya mudah dimengerti,” ungkapnya.

Meskipun bahasa yang digunakan tak menjadi kendala, peserta kurang puas atas jawaban yang diberikan. “Dosen tamu kurang mendalami kebudayaan Jawa secara keseluruhan,” tambah Teddy. Adanya bantuan dari Prof. Dr. Inajati Adrisijanti selaku Ketua Jurusan Arkeologi, memperlancar kembali jalannya diskusi.

Stadium General
dinilai mempunyai nilai yang positif. “Mahasiswa mendapatkan perspektif berbeda dari dosen lain. Tidak hanya dari universitas lain, tetapi juga dari negara lain,” tambah Margana. Ia berharap acara yang diadakan setiap hari rabu ini mendapatkan perhatian lebih. Rencananya minggu depan mereka akan mendatangkan dosen dari Swedia.[Abud]

0 komentar:

Posting Komentar